PKS beda dengan partai lain ?????

pks sama seperti partai lain ? ya sama2 diisi oleh manusia, bukan malaikat dan sama2 menggunakan sistem demokrasi sebagai sarana. Tapi ada juga perbedaan. Saya menyebutnya sebagai karakteristik/ciri khas PKS, antara lain :

  1. PKS sebagai sebuah partai politik merupakan salah satu sarana dari gerakan Tarbiyah. Gerakan Tarbiyah sendiri mengadopsi pemikiran al Ikhwan al Muslimun (IM) di Mesir. Pengaruh pemikiran IM tersebar luas dan berkembang di berbagai penjuru dunia meski tidak menggunakan label IM dan tidak memiliki ikatan keorganisasian dengan IM di Mesir yang pasca revolusi 2011 mendirikan Hizb al hurriyah al ‘adalah (Partai Kemerdekaan Keadilan). Beberapa ormas, partai, atau kelompok tersebut antara lain : PAS (Parti Islam seMalaysia), an Nahdhah (Tunisia), Hamas (Harokatu al Muqowwimatu al Islamiyah/Palestina), AK Parti di Turki yang dipimpin oeh Presiden Erdogan dll
  2. Alhamdulillah, di PKS masih ada Dewan Syariah baik di pusat maupun daerah yang terdiri dari para ulama yang diakui keilmuannya di dalam dan luar negeri. Fungsi dewan syariah untuk mengawasi kinerja partai dengan tinjauan syariat Islam.
  3. Alhamdulillah masih ada ‘kebiasaan’ Tarbiyah Islamiyah (pembinaan nilai2 keIslaman) kepada setiap kader secara sistematis dan berkurikulum melalui halaqah pekanan, mabit, daurah, training, seminar, camping/mukhoyam dsb
  4. Alhamdulillah memiliki basis massa intelektual di kalangan pemuda yaitu : pelajar dan mahasiswa.
  5. Alhamdulillah, PKS termasuk partai yang paling banyak memiliki situs/blog resmi dari DPP(Dewan Pimpinan Pusat/pk-sejahtera.or.id) hingga DPC (Dewan Pimpinan Cabang/tingkat kecamatan) seperti pkspiyungan.com
  6. Alhamdulillah masih ada peran serta kader dalam dakwah di kampus melalui LDK (Lembaga Dakwah Kampus) dan lembaga kemahasiswaan lainnya; di sekolah melalui pembinaan rohis dan mentoring agama Islam; pendirian sekolah islam terpadu dan pondok pesantren; penerbitan buku2 Islami seperti Era Intermedia, Gema Insani Press, asy Syaamil, Rabbani Press, alKautsar dan al I’tishom Cahaya Umat; situs dan blog keislaman seperti dakwatuna.com, al-intima.com, islamedia.we.id, jalanpanjang.com, dll; dakwah di masyarakat melalui lembaga amil zakat, Baitu Mal wat Tamwil (BMT), LSM sosial kemasyarakatan, TPA/TPQ, takmir masjid dan organisasi kemasyarakatan lainnya.
  7. Alhamdulillah suksesi kepemimpinan partai yang Islami dan profesional. Tanpa pertikaian dan tanpa perselisihan hebat.
  8. Alhamdulillah masih ada kepedulian terhadap kemanusiaan melalui penanganan bencana, aktivitas lembaga kemanusiaan seperti PKPU, rumah zakat dsb
  9. Alhamdulillah masih ada kepedulian terhadap masalah kemanusiaan internasional dengan peran serta kader di lembaga kemanusiaan seperti KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina), KISPA,KISRA dll

 Alhamdulillah PKS termasuk parpol yang minim kasus korupsi dan kasus penyimpangan lainnya. Maraknya pemberitaan miring terhadap PKS tidak terlepas dari peran sebagian media yang berprinsip “bad news is good news” meski tidak sedikit pula media yang menyajikan berita secara berimbang, professional dan tetap kritis. Jika korupsi, penyalahgunaan narkoba, perzinahan dan penyimpangan lainnya dilakukan oleh kader dari partai selain PKS, sebagian media menganggapnya sebagai hal yang wajar dan kurang menarik sehingga tidak terlalu diekspos secara ‘besar2an’ karena kurang ditanggapi oleh masyarakat. Sebaliknya, jika penyimpangan tersebut dilakukan oleh kader atau simpatisan PKS, maka sebagian media mengeksposnya ‘besar2an’ dan langsung ditanggapi oleh masyarakat yang sebagian besar mencaci maki secara berlebihan.
Mengapa demikian ? karena PKS yang dikenal sebagai partai Islam yang berakar dari gerakan dakwah memiliki tanggung jawab yang mulia sekaligus berat dengan pencitraan gerakan dakwah Tarbiyah dan keteladanan berperilaku. Hanya sedikit partai dengan basis massa kaum muslim yang ‘berani’ berasaskan Islam dan menerapkan kaderisasi dengan pembinaan nilai2 keIslaman.
Meski pun demikian, kritik melalui media mutlak diperlukan sebagai sarana perbaikan dan pengingatan agar tetap menjadi partai dakwah yang mengedepankan nilai-nilai keIslaman.

        Tulisan ini dibuat hanya untuk meneguhkan sikap terhadap metode dakwah Tarbiyah dan menjawab berbagai keraguan dari kalangan kader PKS dan masyarakat umum terhadap metode dakwah tarbiyah. Semoga kebaikan yang dilakukan oleh kader, simpatisan, dan konstituen PKS/tarbiyah tidak membuat mereka ujub/berbangga diri, sombong dan arogan, dan riya/pamer dengan mengharap ridho/restu manusia semata. Semoga kebaikan tersebut dapat menjadi amal ibadah, keteladanan dan perantara keberkahan dan pertolongan Allah. Juga semoga keburukan yang dilakukan kita (seluruh kaum muslimin, termasuk kader, simpatisan, dan konstituen PKS/tarbiyah) diampuni oleh Allah dan menjadi pembelajaran bagi kita semua. Hanya kepada Allah lah kita beribadah.  Allahumma amin.